PAM JAYA Siap Tingkatkan Pelayanan Guna Penuhi Kebutuhan Air Bersih Di Marunda Kepu

Direktur PAM JAYA Arief Nasrudin (Berdiri Di Tengah). (Ist)

Jakarta, Dekannews - PAM JAYA siap tingkatkan pelayanan di Marunda Kepu, Jakarta Utara mengingat di wilayah tersebut kebutuhan air bersih untuk masyarakat semakin meningkat. 

Direktur Utama PAM JAYA Arief Nasrudin mengatakan, pihaknya menargetkan peningkatan pelayanan air bersih di wilayah tersebut akan selesai pada Desember 2022.

Konfigurasi jaringan menuju Marunda Kepu telah dilakukan dengan percabangan jalur di Jalan Akses Marunda, percabangan ke Kawasan Berikat Nusantara (KBN) dan PC 76 Valve 600 mm di Jalan Reformasi-Akses Marunda, percabangan sebelum input Marunda Kepu PC 7706 di Kampung Bidara, dan percabangan setelah jembatan BKT ke PC 7706 di Bulak Turi.

"Konfigurasi jaringan telah kami lakukan, namun agar suplai air dapat optimal di Marunda Kepu, maka kami juga membuat bak serta pompa transfer untukm eningkatkan tekanan,” kata Arief Nasrudin dalam keterangannya, Rabu (12/10/2022).

Arief melanjutkan, bak yang akan dibangun PAM JAYA berkapasitas 18.6 m3 dengan pompa berkapasitas hingga 5 liter per detik yang ditempatkan sebelum Banjir Kanal Timur.

Sebelumnya, lanjut Arief, PAM JAYA telah memasang master meter sejak Juli 2017 untuk melayani warga Marunda Kepu. Namun, seiring berjalannya waktu terjadi peningkatan kebutuhan yang mesti dipenuhi.

“Di Marunda Kepu memang terjadi peningkatan kebutuhan dibandingkan padaa wal dibangun master meter. Artinya, air yang sebelumnya cukup, sekarang menjadi perlu ditingkatkan,” tambah Arief.

Arief menambahkan, perkembangan area di hulu Marunda Kepu menyebabkan kebutuhan air di hulu semakin meningkat. Selain itu, secara teknis perbedaan elevasi di jembatan Kanal Banjir Timur menyebabkan tekanan turun signifikan.

Selama upaya peningkatan pelayanan di Marunda Kepu, PAM JAYA menyediakan suplai air kepada warga di sana melalui mobil tangki sejak Mei 2022.

“Kami selalu memastikan warga di Marunda Kepu dapat terpenuhi kebutuhan airnya. Maka, sejak Mei 2022 hingga saat ini, kami sudah mengirimkan air melalui mobil tangki hingga 2.068 meter kubik, atau lebih dari dua juta liter air untuk warga,” tutup Arief.

Untuk menjaga pemerataan suplai air, PAM JAYA juga melakukan sosialisasi hemat air, pada Sabtu, 8 Oktober 2022. PAM JAYA, melalui Dharma Wanitanya, berkolaborasi dengan Bank DKI dan Perumda Pasar Jaya melakukan sosialisasi hemat air, serta membagikan 66 beasiswa dan 400 paket sembako bagi warga Marunda Kepu, Jakarta Utara.

Program beasiswa akan diberikan selama 6 bulan ke depan, namun akan dievaluasi berdasarkan tingkat pemakaian air dan upaya penghematan yang dilakukan antara orang tua dan anak. Artinya, pemahaman dan perilaku hemat air yang diupayakan selama periode beasiswa, dapat menjadi kebiasaan dan pada akhirnya menjadi sikap keseharian. (Zat)